Rabu, 25 Februari 2009

KULIAH VS SIDEJOB
Bekerja sambil kuliah bukanlah hal yang mudah, banyak diantara mahasiswa yang mempertaruhkan bangku kuliahnya, dikarenakan sudah bisa mencari uang dengan kerja sampingan.
Saat ini banyak mahasiswa yang mempunyai pekerjaan sampingan (sidejob). Alasan mereka adalah untuk menambah uang saku mereka, karena rata-rata mahasiswa yang mempunyai sidejob adalah mahasiswa yang merantau dan kos. Karena dengan mempunyai sidejob mereka mempunyai banyak waktu untuk mengenal orang-orang baru, tentunya mendapat pengalaman baru.
Minggu (22/2) saya bertemu dengan Nadia (19 ) salah seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta Yogyakarta di kos-kosannya yang terletak di daerah Seturan yang bernama Wisma Joglo. Dia adalah seorang Sales Promotion Girl (SPG) di Dealer Mobil Suzuki. Sekarang dia sedang ditempatkan di Ambarukmo Plaza. Menurutnya menjadi seorang SPG mobil sangat menyenangkan dikarenakan gajinya cukup untuk membiayai hidupnya yang seorang perantau dari Balikpapan. Namun kegiatanya untuk menjadi SPG sangat berpengaruh dengan jadwal kuliahnya. Dia sering meninggalkan kuliahnya demi menerima tawaran menjadi SPG,karena baginya menerima tawaran menjadi seorang SPG lebih menghasilkan uang daripada berangkat kuliah. Sama seperti nadia, Eny (20) SPG produk rokok juga menyatakan hal yang sama, menurutnya dia lebih menikmati hidupnya saat menjadi seorang SPG daripada menjadi seorang mahasiswi yang harus rajin bangun pagi, membuat makalah, dan presentasi yang menurutnya itu membuat kepalanya pusing. Sama seperti Intan (19) salah saeorang anggota Event Organizer (EO) yang kegiatanya sangat menyibukkan sehingga waktu untuk kuliah jadi keteteran." Susah ngatur jadwalnya kalau udah dapet job, apalagi kalau udah dapet tugas, trus lupa, jadi harus ngejar deathline, bener-bener ribet,"kata Intan. Tetapi Intan merupakan salah satu diantara mahasiswi yang bisa mengatur jadwal antara sidejob dan kuliah, terbukti nilai-nilai yang didapatkan jauh di atas rata-rata.
oleh karena itu, saat memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan harus memikirkan dampak kedepannya, sehingga pekerjaan sampingan itu tidak menggangu proses berjalannya kuliah anda.
berita sudah diperbaiki.
Nama : Rr. Shinta Rinandawati
NIM : 153070293

Tidak ada komentar:

Posting Komentar